Apa Itu Bisnis Ritel? Ketahui Juga Jenis-Jenis Bisnis Ritel

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah bisnis ritel. Bisnis ini merupakan aktivitas pemasaran yang meliputi kegiatan penjualan hingga pendistribusian secara langsung kepada konsumen akhir. Berbagai macam bisnis ini banyak ditemukan di sekitar kita seperti warung sembako, minimarket, online shop, toko kelontong, dan lain-lain. Jenis bisnis ritel juga beragam, berikut penjelasannya.

Produk Barang

Jenis bisnis ini menjual produk barang yang dapat dikonsumsi setiap hari. Barang ini bisa berupa produk minuman, makanan, obat-obatan, alat pembersih, pakaian, buku, dan lain-lain.

Produk layanan atau jasa

Bisnis ritel selanjutnya dapat berupa pelayanan dan jasa. Contoh produk dari jenis bisnis ini seperti penyewaan, produk perbankan, perbaikan, pemandu wisata, supir, pengasuhan, dan sejenisnya.

Ritel Toko

Jenis bisnis ritel toko bisa Anda lihat contohnya seperti toko serba ada (Toserba), supermarket, minimarket, toko khusus, dan semacamnya. Ritel toko memiliki sebuah tempat dimana produk yang dijual akan disusun dengan rapi dalam etalase.


Ingin penjualan bisnis ritel semakin meningkat? Yuk ketahui strategi pengelolaan bisnis ritel terbaik di sini!

Ritel Non Toko

Bisnis ritel juga dapat berbentuk non toko atau tidak memiliki toko fisik yang didatangi konsumen. Bisnis ini banyak ditemukan di platform media sosial dimana transaksi yang digunakan sepenuhnya dilakukan secara digital.

Ritel Skala Besar

Ritel skala besar adalah bisnis yang memiliki target penjualan dalam volume yang besar. Ritel ini menawarkan produk kebutuhan masyarakat dimana toko yang didirikannya memiliki banyak cabang di berbagai penjuru daerah. 

Ritel Skala Kecil 

Ritel skala kecil adalah bisnis yang memiliki target penjualan dalam volume yang rendah. Ritel ini terkesan sederhana karena umumnya dijalankan oleh perorangan. Produk jual yang ditawarkannya pun cukup terbatas dan umumnya ritel ini tidak memiliki cabang di berbagai wilayah. 

Ritel Mandiri

Ritel ini berdiri secara mandiri karena dimiliki oleh individu atau perseorangan. Ritel ini biasanya berskala kecil dimana tidak memiliki banyak tenaga kerja yang harus bekerja di sana.

Ritel yang Sudah Ada

Ritel yang sudah ada merupakan bisnis yang sudah berdiri dan perjalanannya berkelanjutan. Jenis bisnis ini biasanya dijalankan karena warisan dari bisnis keluarga untuk generasi penerusnya.
Jadi, itulah beberapa jenis atau contoh bisnis ritel yang didirikan dan telah banyak dikelola oleh masyarakat pada umumnya. Jenis ritel apa yang menarik menurut Anda?