Mudah! Inilah Tips Ampuh Merawat Pemanas Air agar Awet dan Tahan Lama

Pemanas air hangat adalah salah satu barang yang penting di dalam perlengkapan rumah tangga. Mandi dengan menggunakan air panas dapat membuat badan Anda menjadi lebih rileks dan nyaman setelah beraktivitas seharian, terlebih jika Anda tinggal di daerah yang dingin. Tidak hanya itu, mandi air panas juga sangat dianjurkan untuk bayi yang baru lahir. Karena memiliki banyak manfaat dengan mandi air panas, Anda perlu memiliki water heater. Dengan bantuan water heater, Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak air dengan kompor untuk mandi. Harga dari pemanas air juga bervariasi tergantung brand dan juga kualitas, tetapi kualitas juga tidak bisa dijadikan jaminan agar pemanas air yang Anda miliki awet. Salah satu cara agar pemanas air hangat yang Anda miliki awet dan dapat berfungsi dengan baik selain melihat dari kualitas yaitu Anda harus merawat pemanas air hangat tersebut. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk perawatan pemanas air:

1.  Perhatikan merk & kualitas

Tips pertama yang dapat membantu Anda adalah jangan tergiur harga murah, mengapa demikian? Karena setiap peralatan rumah tangga memiliki kualitas sebanding dengan harga yang diberikan. Barang yang memiliki brand terkenal pastinya memiliki kualitas yang bagus dibandingkan yang lainnya.

2.  Pastikan air yang digunakan bersih

Pemanas air harus menggunakan air yang bersih. Umumnya pemanas air harus menggunakan air yang tidak memiliki kandungan seperti lumpur, garam, pasir dan sejenisnya karena hal itu dapat merusak pipa saluran air di rumah.

Baca: Healing Murah tanpa Pusing Biaya dengan Solar Water Heater

3.  Mengecek bagian listrik

Memastikan listrik yang digunakan agar tidak terlalu sering menyala dan mematikan jika sudah selesai dipergunakan. Semua itu dilakukan agar kondisi pemanas air dapat menjaga suhu air tetap maksimal di dalamnya.

4.  Merawat pemanas air sesuai dengan jenisnya

Pemanas air memiliki berbagai jenis, jika Anda menggunakan water heater yang menggunakan listrik, maka yang perlu Anda perhatian yaitu untuk perawatannya ialah tegangan listrik yang tersedia di rumah, apakah kapasitasnya mencukupi dan menampung daya listrik yang ada. Jika memilih untuk menggunakan water heater dengan gas, Anda harus rajin memperhatikan ketersediaan gas yang dibutuhkan di water heater tersebut dikarenakan gas bisa habis kapan saja dan tidak bisa diprediksi.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda perhatikan dalam merawat pemanas air yang Anda milik. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam merawat pemanas air, dengan rutin melakukan step-step diatas, maka kualitas pemanas air yang Anda miliki akan tetap terjaga.