Uncategorized

Inilah Penyebab Pemanas Air Tenaga Surya Tidak Panas yang Sering Terjadi 

Pernahkah Anda mengalami mandi dengan kondisi alat pemanas tak kunjung segera panas atau malahan hanya hangat-hangat kuku saja?

Analisa pertama pastinya Anda akan mengira bahwa alat pemanas tersebut mulai rusak, tetapi anggapan tersebut tidaklah 100 benar. Bisa jadi, inilah penyebab pemanas air tenaga surya tidak segera panas setelah diputar on:

Sumber Tenaga Kurang 

Alat pemanas air tenaga surya mendapatkan pasokan sumber tenaga dari energi matahari. Jika energi matahari tidak mencukupi maka untuk menaikkan air ke suhu panas akan makin sulit dan efeknya air tak kunjung panas kendati telah Anda on – kan selama waktu 1 jam lebih. Mungkin hanya akan hangat sedikit saja tetapi sesegera setelahnya air menjadi dingin kembali. 

Alat penangkap panasnya juga akan lama jika musim sedang mendung karena jumlah energi matahari sangat terbatas sekali, solusinya menggunakan gas sebagai pengganti tenaga panas tapi hal itu akan mengubah komponen pemanas air lainnya. 

Bagian Relay Terputus 

Relay adalah komponen dari pemanas air tenaga surya yang bertugas sebagai pengendali ketika terjadi hubungan singkat. Relay yang terputus akan membuat air tidak bisa panas dalam waktu cepat bahkan menjadi suhunya biasa saja.  Pada bagian relay akan terdapat lampu indikator yang akan menyala sebagai pertAnda bahwa air mulai panas, dan jika lampu tersebut mati maka airnya tidak akan panas. 

Bagian Termostat Tidak Jalan 

Termostat adalah bagian dalam pemanas air tenaga surya yang bertugas sebagai pengatur suhu air panas, kadang kala Anda merasakan suhunya terlalu tinggi maka bisa dikendalikan oleh termostat ini.  Selain itu, tugas kedua adalah mengatur suhu agar tidak terlampau tinggi yang bisa mengakibatkan tekanan komponen besar dan membuat rusak. 

Inilah penyebab pemanas air tenaga surya tidak segera panas setelah Anda hidupkan, kendala tersebut tidak menandakan bahwa alat pemanas rusak total hanya saja cukup diperhatikan perawatan dan kondisi rutin harian saja. Jika Anda ingin memperbaiki alat tersebut, bisa memanggil jasa servis pemanas air tenaga surya terdekat.