isi air aki mobil

Simak, Langkah-Langkah Mudah Mengisi Air Aki Mobil

isi air aki mobil

Cara untuk melakukan pengisian air aki mobil memang tidak bisa secara sembarangan. Kamu akan membutuhkan waktu yang tepat dan juga ukuran yang pas. Sehingga nantinya hal yang tidak kita mau dapat dihindari. Ada beberapa cara mengganti air aki mobil dengan langkah yang mudah, bisa kamu lakukan sendiri di rumah yang pasti kamu hanya perlu membeli air akinya saja. 

Langkah – Langkah Mengisi Air Aki Mobil

Menyiapkan Alat

Untuk mengisi air aki mobil kamu pastinya membutuhkan obeng yang memiliki ukuran besar yang digunakan untuk membuka penutup selnya. Jika tidak memilikinya kamu bisa gunakan sebuah benda dengan bentuk yang pipih misalnya pisau atau gunting. 

Lihat Ketinggian Dan Siapkan Air Akinya

Cek dahulu volume airnya, supaya kamu dapat mengisinya dengan pas. Jika air berada pada garis di bawah lower level maka kamu cukup menambah satu botol saja. Jika kosong maka kamu pasti butuh tiga botol air aki mobil. 

Lepaskan Terminal Negatif Baterainya

Supaya pada saat melakukan pengisian lebih aman, lebih baik kamu untuk melepaskan terminal negatif pada baterainya selama dalam masa pengisian. Pakai kunci 10 untuk bisa kendurkan Mur Terminalnya. 

Menggunakan Kain Lap

Lebih baik kamu siapkan kain lapnya terlebih dahulu, untuk mencegah tumpahan air akinya nanti. Kamu bisa letakkan kain lap tersebut di sisi samping pada tempat pengisian supaya mencegah tumpahan air akinya itu. Karena air aki yang memiliki sifat asam ini nantinya mampu untuk membuat komponen pada mesin tersebut mengalami pengelupasan dan meninggal bekas. Maka dari itu kamu harus lebih hati-hati pada saat melakukannya. 

Menambahkan Air Aki 

Terakhir kamu bisa segera lakukan pengisian. Buka keseluruhan penutup aki dengan hati-hati. Kamu bisa untuk tuang menggunakan corong yang khusus yang sudah tersedia pada botol. Jika tidak memilikinya maka dapat menungkannya dengan lebih hati-hati dan perlahan, karena kebanyakan orang masih belum paham akan banyaknya hal yang harus dilakukan dalam pengisian air aki mobil. Pastikan juga untuk ukuran volumenya pas, jangan sampai nantinya kurang maupun terlalu berlebihan.