Uncategorized

Tips Memilih Pemanas Air yang Sesuai dengan Budget

pemanas air

Memiliki pemanas air di rumah memang sangat membantu saat Anda membutuhkan air panas untuk mandi, belum lagi waktu yang diperlukan untuk memanaskan air juga tergolong lebih cepat dibandingkan dengan memasak air menggunakan kompor.

Inilah Tips Memilih Pemanas Air Terbaik

Nah, saat akan memutuskan untuk memasang alat pemanas air, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan serta perawatannya dan juga anggaran dana yang Anda miliki. Hal ini dilakukan agar tidak memberatkan Anda dari segi pengeluaran biaya.

Sesuaikan dengan Anggaran yang Tersedia

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan anggaran untuk membeli pemanas air, perlu diketahui bahwa pemanas air tenaga surya memiliki harga yang jauh lebih mahal bahkan sampai belasan juta, sedangkan untuk pemanas air seperti https://pemanasairindonesia.com dengan tenaga listrik dan juga gas memiliki harga yang lebih murah. Jadi Anda perlu mempertimbangkan jenis pemanas air yang mana yang sekiranya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Perhatikan Penggunaan Energi yang Dibutuhkan

Pemanas air yang digunakan di rumah memerlukan energi yang cukup besar. Oleh karena itu Anda perlu memilih jenis pemanas air yang lebih hemat dalam penggunaannya. Umumnya pemanas ar yang menggunakan tenaga listrik cenderung lebih banyak memerlukan penggunaan energi listrik hingga mencapai 2000 watt. Anda juga bisa memeriksa penggunaan energinya dengan melihat peringkat Energy Faktor (EF) dari produk pemanas air tersebut.

Baca Juga: Benarkah Solar Water Heater Menggunakan Listrik?

Perhatikan Biaya Perawatan

Setelah pemanas air dipasang, tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan perawatan secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik dan juga tahan lama. Jenis pemanas air dari tenaga surya umumnya hanya memerlukan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pemanas air  tenaga listrik dan juga gas. Terlebih penggunaan pemanas berbahan bakar gas lebih repot saat gasnya habis, karena perlu diganti dengan LPG yang baru.

Itulah beberapa tips memilih pemanas air sesuai dengan dana yang Anda miliki, jangan sampai memilih pemanas air tanpa melihat harga dan biaya perawatannya.