Uncategorized

5 Penerapan Program Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis UMKM

Mempunyai pelanggan yang setia merupakan salah satu keuntungan untuk pelaku usaha. Sebab, itu artinya produk Anda akan memiliki banyak peminat. Pelanggan setia juga akan melakukan repeat order untuk produk favoritnya. Tapi untuk bisa menumbuhkan loyalitas pelanggan, Anda harus memberikan yang terbaik. Berikut adalah 5 penerapan program loyalitas pelanggan pada bisnis UMKM.

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Dengan memberikan pelayanan terbaik akan membuat pelanggan memperoleh pengalaman berbelanja yang baik juga. Begitu pula sebaliknya, pelayanan yang buruk juga akan merusak pengalaman berbelanja para pelanggan.

Jadi, berikan pelayanan yang baik, ramah, dan helpful dengan cara menjawab berbagai macam pertanyaan dari para pelanggan. Serta memberikan solusi dari permasalahan mereka.

2. Berkomunikasi dengan Cara yang Efektif

Komunikasi di sini tak hanya dilakukan ketika melakukan transaksi saja. Tapi Anda juga perlu berkomunikasi dan juga berinteraksi dengan para pelanggan melalui berbagai macam cara. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memberikan update terkait dengan produk dari bisnis Anda.

3. Berikan Penawaran Terbaik

Berbagai macam promo dan juga penawaran menarik pastinya dapat Anda berikan untuk para pelanggan. Anda dapat memberikan gratis ongkir, potongan harga, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sistem poin, yang mana para pelanggan dapat memperoleh poin dari setiap pembelian. Kemudian, poin yang sudah terkumpul dapat ditukar dengan produk atau potongan harga.

4. Berikan Reward atau Freebies

Anda bisa memberikan hadiah atau reward, seperti voucher diskon, point rewards, dan lainnya untuk para pelanggan yang sering berbelanja di toko Anda atau sering memberikan review positif. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas mereka terhadap produk atau bisnis Anda.

5. Kenali Kebutuhan Pelanggan

Pelanggan pastinya akan menggunakan produk yang Anda jual jika mereka membutuhkannya. Oleh karena itu, Anda harus memahami apa saja kebutuhan pelanggan Anda. Misalnya saja bisnis Anda menjual aksesoris, maka Anda harus mengikuti tren yang sedang berjalan supaya tidak ketinggalan zaman.

Demikian penjelasan mengenai 5 penerapan program loyalitas pelanggan pada bisnis UMKM. Semoga bermanfaat.