Uncategorized

Inilah Risiko Jika Tidak Merawat Mesin Mobil

Apa yang terjadi jika jarang merawat mesin mobil? Anda mungkin berpikir tidak akan ada masalah pada kendaraan yang tidak pernah digunakan. Bahkan, malah akan lebih bagus karena akan menghemat bahan bakar dan pemakaian. Faktanya, kendaraan yang tidak pernah digunakan atau yang rutin dipakai pun akan sama-sama menghadapi risiko pada mesin. Oleh karena itu, kenali beberapa risiko jika mesin kendaraan Anda tidak pernah dirawat.

Daya Aki Berkurang

Inilah akibatnya jika mesin mobil Anda tidak pernah dirawat apalagi kalau tidak pernah digunakan. Fungsi utama aki adalah menyimpan daya listrik untuk kinerja mesin. Jika kemampuannya berkurang, performa kendaraan jelas akan sangat terganggu.

Baca: Cara Membersihkan Mesin Mobil (Cek di https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ingin-servis-dan-bersihkan-ruang-mesin-mobil-ini-tips-dari-b)

Apabila hampir tidak pernah menggunakan kendaraan, biasakan untuk menyalakan mesin meskipun beberapa menit saja. Atau lebih bagus lagi, jika mau meluangkan waktu menggunakan kendaraan tersebut untuk berkeliling kompleks atau jalanan.

Resiko Korosi di Rem

Biasanya hal ini sering dialami kendaraan yang sering teronggok dalam jangka waktu lama. Pada piringan cakram biasanya muncul karat atau korosi dan tandanya signifikan jika sudah sering berbunyi saat mengerem.

Lagi-lagi solusinya adalah dengan membiasakan perawatan rutin dan kalau sering menganggur, cobalah mengemudikannya di sekitar kompleks atau jalanan rumah. Kebiasaan sederhana itu akan membuat kendaraan Anda tetap awet dan terhindar dari risiko.

Baca juga: Tips Kredit Mobil Honda di Sini

Sering Mogok

Ini adalah dampak yang paling sering dirasakan para pemilik kendaraan yang jarang melakukan servis rutin. Bagaimanapun juga, Anda harus hati-hati dan tidak membiarkan kendaraan Anda menghadapi risiko mesin yang fatal.

Sebenarnya yang paling disarankan adalah melakukan perawatan rutin seperti penggantian oli dan air radiator. Namun, alangkah baiknya juga kalau Anda membawanya ke bengkel langganan secara teratur untuk mengecek apakah ada tindakan lain yang dibutuhkan.

Itulah beberapa resiko yang harus Anda pahami jika membiarkan mesin kendaraan tidak dirawat secara rutin. Pastikan Anda memperhatikan semua kondisi secara detail dan jangan sampai kendaraan Anda rusak hanya karena keteledoran. Jika Anda dapat menerapkan perawatan rutin, niscaya tidak akan ada masalah untuk kondisi mesin mobil Anda.