Uncategorized

Anda Calon Investor Reksadana? Yuk Kenali Seluk Beluknya Dulu!

Jika Anda adalah calon investor reksadana, Anda harus mengetahui mengenai seluk beluk mengenai hal tersebut. Tidak perlu khawatir akan sulit memahaminya, karena di sini akan membahas secara singkat mengenai reksadana. Maka dari itu, simak yang di bawah ini!

Reksadana merupakan salah satu pilihan bagus untuk investasi masyarakat pemodal, terutama pemodal kecil maupun yang tidak mempunyai keahlian dan waktu yang banyak untuk menghitung risiko investasi. Reksadana ini dirancang secara khusus untuk menjadi sarana menghimpun dana dari masyarakat punya modal, keinginan investasi, namun hanya memiliki sedikit pengetahuan ataupun waktu. Tidak hanya itu, reksadana pun diharapkan untuk bisa meningkatkan peran dari para pemodal lokal untuk melakukan investasi pada pasar modal Indonesia.

Secara umum, reksadana mempunyai arti sebagai wadah yang digunakan menghimpun dana masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi ke portofolio efek. Dengan begitu, dana di dalam reksadana adalah dana bersama pemodal. Sementara manajer investasi merupakan pihak yang mendapatkan kepercayaan untuk mengelola dana.

Reksadana sendiri ada beberapa jenis, yaitu reksadana pasar uang atau money market fund, reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund, reksadana campuran atau balance mutual fund, dan reksadana saham atau equity fund. Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang dengan kurang dari setahun masa jatuh temponya. Bentuk dari reksadana pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, SPBU (Surat Berharga Pasar Uang) dan lain sebagainya.

Tertarik Investasi Reksadana? Yuk Kunjungi https://www.most.co.id/reksa-dana

Lalu reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang berinvestasi paling kurang 80% dari aktivanya dalam bentuk obligasi atau efek utang. Tujuan dari reksadana pendapatan tetap ini adalah untuk menghasilkan atau mendapatkan tingkat pengembalian stabil. Kemudian reksadana campuran merupakan jenis yang mengalokasikan dana investasi ke dalam portofolio bervariasi. Biasanya bentuk investasi berupa saham dikombinasikan obligasi. Sedangkan reksadana saham adalah jenis yang menginvestasikan paling kurang 80% dari aktiva dalam bentuk efek yang sifatnya ekuitas.

Itu mempunyai tujuan untuk pertumbuhan dari harga saham ataupun unit dalam jangka waktu yang lama atau panjang. Dibandingkan dengan reksadana pasar uang serta pendapatan tetap, jenis reksadana ini mempunyai risiko yang lebih tinggi. Namun meski begitu, juga mempunyai potensi untuk tingkat pengembalian tertinggi.